Subscribe to Wordpress Themes Demo

silahkan, like disini

   Vandy
mau sharing
Image by wandy utama
Tugas Geologi Sejarah

1.    Jelaskan sejarah perkembangan bumi berdasarkan skala waktu geologi disertai tempat terbentuknya ?

1. Zaman Proterozoikum (2,5 milyar - 290 juta tahun lalu)
Zaman Proterozoikum bisa diartikan sebagai masa kehidupan awal merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer. Pada zaman ini kehidupan mulai berkembang dari organisme bersel tunggal menjadi bersel banyak (enkaryotes dan prokaryotes). Bahkan pada menjelang masa akhir zaman ini telah telah berkembang organisme lebih kompleks, jenis invertebrata bertubuh lunak seperti ubur-ubur, cacing dan koral mulai muncul di laut-laut dangkal, yang bukti-buktinya dijumpai sebagai fosil sejati pertama.
Keterdapatan batuan Prakambrium nampak di muka bumi di beberapa daerah yang sangat terbatas. Ada 2 hal yang mnyebabkan batuan batuan itu nampak di muka bumi. Yang pertama ialah karena batuan itu semenjak terbentuk tidak pernah tertutup lagi oleh batuan sedimen yang lebih muda. Atau dapat dikatakan bahwa yang tampak disana ialah batuan yang hampir rata (peneplain).
·         Grand Canyon adalah salah satu tempat dimana terdapatnya batuan prakambrium yang sangat banyak. Di daerah Arizona di sungai Kolorado, sungai yang masih muda, lapisan tebal yang telah diendapkan mendatar sehingga dapat dilihat bagian atas stratigrafi dengan jelas. Lapisan yang teratas termasuk Mesozoikum, yang terbawah termasuk Paleozoikum dan bagian yang terdalam lagi adalah lapisan Prakambrium .
·         Perisai Kanada
·         Perisai Fennoskandia atau Baltik
·         Perisai Australia.
Di Australia Prakambrium terdapat di bagian tengah dan bagian barat . disini dapat kita bedakan tiga buah daur dengan bidang diskordannya.
Prakambrium bawah dan Prakambrium tengah , keduanya terdiri atas batuan yang sangat terubah oleh metamorfosis. Prakambrium tengah hanya dikenal karena adanya konglomerat alas dengan unsur yang berasal dari Prakambrium Bawah.
Prakambrium atas sangat berbeda dengan lapisan tersebut. Sedimen sedimennya tak terubah oleh metamorfisme dan beberapa tempat hanya sedikit berbeda dengan lapisan kambrium. Suatu keanehan yang lain ialah. Prakambrium atas mempunyai ketebalan 4000 m di New South Wales.

2. Zaman Kambrium (590-500 juta tahun lalu)
Kambrium berasal dari kata “Cambria” nama latin untuk daerah Wales, dimana batuan berumur kambrium pertama kali ditemukan dan dipelajari. Pada zaman ini sudah banyak bermunculan hewan invertebrata yang hidup di lautan. Hewan-hewan zaman ini juga sudah mempunyai kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung. Beberapa jenis fosil yang telah ditemukan adalah, Alga, Cacing, Sepon, Koral, Moluska, Ekinodermata, Brakiopoda dan Artropoda (Trilobit)
Sebuah daratan yang disebut Gondwana (benua kuna) merupakan cikal bakal Antartika, Afrika, India, Australia, sebagian Asia dan Amerika Selatan. Sedangkan Eropa, Amerika Utara, dan Tanah Hijau masih berupa benua-benua kecil yang terpisah.
Keterdapatan batuan Kambrium antara lain
·         Geosinklin di Eropa
Geosinklin membentang di daerah yang kini bercirikan rangkaian pegunungan . Geosinklin Kaledonia membentang dari laut Es Utara sepanjang Norwegia, Pulau Hebrida, Skotlandia dan Wales. Melalui Bretagne dan Normandia, geosinklin ini bersambung dengan geosinklin mediterania yang mendahului geosinklin tehtys. Geosinklin mediterania membentang dari Prancis tengah, jerman tengah hingga silesia.
·         Geosinklin di Asia dan Australia
Perisai Fennoskandia – Rusia dibatasi oleh geosinklin Ural yang terbentang dari geosinklin mediterania ke utara.
Di India di daerah Punjab terdapat Kambrium terdapat lapisan Kambriun yang sangat terlpatkan dan tersesarkan menjadi lipatan menutup.
·         Geosinklin di belahan bumu barat
Sepanjang timur Amerika Utara dan Kanada terbentang geosinklin Appalachia yang terpisahkan oleh sebuah lengkunga pulau dari samudera Atlantik.
Sepanjang tepi barat Amerika Utara membentang geosinklin pegunungan Rocky.

3. Zaman Ordovisium (500 - 440 juta tahun lalu)
Ciri kehidupan yang muncul pada Zaman Ordovisium ikan tanpa rahang (hewan bertulang belakang paling tua) dan beberapa hewan bertulang belakang yang muncul pertama kali seperti Tetrakoral, Graptolit, Ekinoid (Landak Laut), Asteroid (Bintang Laut), Krinoid (Lili Laut) dan Bryozona.
Meluapnya Samudra dari Zaman Es merupakan bagian peristiwa dari zaman ini. Gondwana dan benua-benua lainnya mulai menutup celah samudera yang berada di antaranya.

4. Zaman Silur (440 - 410 juta tahun lalu)
Zaman silur merupakan masa transisi kemunculan kehidupan dari air ke darat. Tumbuhan darat yang pertama kali muncul terutama adalah Pteridofita (tumbuhan paku), sedangkan Kalajengking raksasa (Eurypterid) hidup berburu di dalam laut. Ikan berahang mulai muncul pada zaman ini dan banyak ikan mempunyai perisai tulang sebagai pelindung. Selama zaman Silur, deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia, Skotlandia dan Pantai Amerika Utara
Keterdapatan batuan Silur
·         Geosinklin di Amerika Utara
Diatas perisai Kanada terdapat sebuahgenag laut yang sangat besar, 4 buah pulau menjulang dari lautan, antara lain kubah Ozark, tanah tinggi Wisconsin, kubah Adirondack dan lengkungan Cincinati.
·         Air terjun Niagara
Air terjun niagara terjadi pada endapan silur . disini dapat kita amati perkembangan epikontinen yang sangat baik selama silur atas. Pada alasnya dapat kita temukan endapan klastika halus dari silur bawah.
·         Tiongkok
Di tiongkok kambrium berakhir dengan suatu lipatan yang belum diketahui dengan jelas. Silur bawah dimulai dengan suatu genang laut , sedangkan geosinklin paleokatasia terisi dengan lapisan sedimen yang tebal.
Ordovisum bawah terdiri dari batugamping cryptozoa yang tebal. Batugamping itu disertai dengan konglomerat yang letaknya diskordan di atas kambrium.
·         Australia
Di Australia pengendapannya dapat ditemukan di geosinklin Tasman.

5. Zaman Devon (410-360 juta tahun lalu)
Zaman Devon merupakan zaman perkembangan besar-besaran jenis ikan dan tumbuhan darat. Ikan berahang dan ikan hiu semakin aktif sebagai pemangsa di dalam lautan. Pada zaman ini transisi kehidupan hewan-hewan yang berpindah dari lautan ke ke daratan masih terus berlanjut, sementara hewan Amfibi berkembang dan beranjak menuju daratan. Disamping itu tumbuhan darat semakin berkembang dengan pesatnya dan hewan serangga muncul untuk pertama kalinya. Sementara itu samudera menyempit sementara, sedangkan benua Gondwana menutupi Eropa, Amerika Utara dan Tanah Hijau.
Keterdapatan batuan Devon
·         Daerah Andenna, Belgia
Meskipun jaman devon dinamakan berdasarkan lappisan yang terdapat dii Devonshire (Inggris) , namun perkembangan yang lebih bagus terdapat di daerah Andenna dan perbukitan Eiffel.
·         Amerika Utara
Di Amerika Utara, geosinklin Apalachia dan Cordirella tetap tidak berubah selama awal jaman Devon yang diendapkan terutama ialah gamping yang mengandung banyak fosil. Tetapi pada akhir devon bawah terjadi suatu pembentukan pegunungan yang penting di bagian timur.





No comments:

Post a Comment

Daftar iklan