Subscribe to Wordpress Themes Demo

silahkan, like disini

   Vandy
mau sharing
Image by wandy utama
Gunung ajaib di Enrekang


Sebagai putera enrekang tentu saja memperkenalkan budaya maupun potensi daerah Enrekang adalah salah satu tugas penting. Beberapa potensi daerah Enrekang nampak abstrak bagi daerah tetangganya, kurangnya publikasi akan potensi Enrekang adalah persoalannya.
Entri blog kali ini saya akan menguraikan indahnya kenampakan alam wilayah Enrekang yg salah satunya adalah gunung Cekong.
Gunung cekong yg dikenal oleh penduduk setempat sebagai buntu cekong adalah sebuah gunung di desa lambadoko,kec Anggeraja,Kab. Enrekang. Dengan luas sekitar 2000 m ditambah dengan pemandangan yg indah dari, wajar saja gunung ini menjadi gunung fenomenal di enrekang.
Asal muasal dinamakan gunung cekong masih kurang jelas, konon katanya pada saat jaman penjajahan, jepang berniat membangun tambang di daerah tersebut namun kurang jelas tambang apa, dengar-dengar sesumbar katanya sih tambang minyak, maybe…….. alasannya karena daerah soil di atasnya subur (soil itu artinya tanah dalam terapan ilmu geologi), tapi apakah daerah soil berpengaruh dengan kandungan minyak dibawahnya, mesir saja yg kering ada jadi raja minyak. Menurut saya sebagai seorang calon geologis itu tidak realistis tanpa dasar apa-apa, hmmmm…. tapi siapa tahu orang jepang dulu menemukan minyak. Kemungkinan besar yang terkandung di gunung Cekong adalah batu marmer yang tersebar dari daerah Baroko sampai gunung Lakawan dan termasuk gunung Cekong ini. Batu marmer merupakan salah satu batuan metamorf dan tidak berfoliasi, dan terbentuk sebagai batu Marmer karena mengalami metamorfisme dari batu gamping, di daerah enrekang 2/3 wilayahnya adalah pegunungan dan hampir keseluruhannya adalah batu gamping dengan kemungkinan paling besar mengalami metamorfisme kontak dan menjadi batu marmer.
Koq jadi membahas batu marmer ya,,,maklum anak batu, eh salah calon geologis,,,,amin…

View yg dapat di nikmati langsung dari atas gunung cekong ini sangat fantastis, indah nian lekukan desa Cakke, Tontonan dan sekitarnya nampak jelas, relief keseluruhan kecamatan Anggeraja yg berbukit bisa langsung tergambar, tebing Mandu yg menjadi mahkota besar desa Tontonan pujaan para pemanjat tebing bhakan terlihat kecil dari gunung ini.
Secara keseluruhan gunung ini adalah padang rumput luas dengan sejumlah pohon pinus dan angin gunung yg membuat gambaran tersendiri, namun beberapa wilayahnya juga merupakan kebun penduduk sekitar. Tata guna lahan sebagai kebun disertai beberapa hewan ternak tidak menghambat peminat gunung Cekong untuk datang, anak sekolah, masyarakat sekitar dan pendatang dari daerah lain bahkan datang hanya untuk mengunjungi gunung ini.
Selain sebgai daerah wisata gunung ini juga digunakan sebagai tempat perkemahan, latihan pramuka maupun PMR dan Tae kwon do dari SMAN 1 ANGGERAJA, cukup menjamin dilihat dari luasnya daerah ini.
Namun banyaknya pengunjung malah menimbulkan kontra dari tetua masyarakat sekitar, gunung Cekong yg terkenal ini berubah katanya menjadi gunung mesum, pengunjung bukan hanya sekedar menikmati pemandangan namun juga sebagai tempat pacaran, apalagi tempat ini tidak resmi sebagai daerah wisata..hm hm hm,,,dasar anak muda. Semakin menyebarnya berita tersebut maka pandangan public terhadap gunung cekong beruubah drastic, bahkan sekarang sudah dilarang untuk mengunjunngi gunung ini oleh masyarakat sekitar.
Kasihan juga gunung ini, pemandangan indah terisolasi akibat opini tidak jelas dan pandangan seronok citraan para pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Harapan penulis supaya gunung Cekong menjadi daerah wisata dengan pengawasan berstandar, suatu hari kelak semoga harapan ini terwujud….amin



No comments:

Post a Comment

Daftar iklan